One Semester…Done !

Setelah 4 bulan yang terasa singkat, akhirnya gue menyelesaikan semester pertama gue di CMU. Untuk mereka yang penasaran sebenarnya course apa saja yang jadi bagian program MSIT, gue ingin menceritakan apa yang gue pelajari selama 1 semester.

Mata kuliah pertama adalah Telecommunication Management, ini adalah satu dari mata kuliah wajib MSIT yang ditawarkan di semester ini selain Database Management dan OO Programming with Java. Sebelum kuliah, tadinya gue berpikir ini mata kuliah tentang jaringan komputer, untungnya ternyata bukan. Telecom meliputi semua teknologi telekomunikasi yang saat ini digunakan, termasuk aspek bisnis dan kebijakannya. Untuk seseorang dengan latar belakang bukan dari teknik elektro telekomunikasi seperti gue, mata kuliah ini mengajarkan banyak hal baru tanpa terlalu dalam mempelajari aspek teknis yang terlalu njelimet. Kuliah menjadi semakin menarik dengan hadirnya dosen tamu seperti CTO Telstra dan perencana kebijakan telekomunikasi pemerintah South Australia.

Mata kuliah berikutnya adalah Strategic Planning and Implementation, yang menjadi mata kuliah favorit gue semester ini. Diajarkan secara teleconference oleh seorang ahli di kampus Pittsburgh, mata kuliah ini mengulas langkah demi langkah dalam menyusun, menyampaikan, dan “mengawal” inisiatif strategis di dunia bisnis. Untuk membuat mahasiswa merasakan pengalaman membuat menyusung inisiatif strategis, sebuah tugas untuk menyusun rencana strategis sebuah perusahaan ERP harus dikumpulkan di akhir kuliah. Oh ya, perusahaan ERPnya memang betul-betul ada, dan kebetulan si dosen memang pernah menjadi konsultan strategi untuk perusahaan itu.

Mata kuliah ketiga sebenarnya terdiri dari dua mata kuliah, tapi menurut gue sebenarnya dalam satu paket. Financial Accounting dan Principles of Finance Management mungkin menimbulkan pertanyaan kenapa diajarkan untuk program MSIT. Kenyataannya mata kuliah ini dianggap sangat penting sehingga menjadi mata kuliah wajib bagi program MSIT di Pittsburgh, tapi ditawarkan sebagai mata kuliah pilihan di Adelaide. Setelah selesai memang terasa pentingnya mata kuliah ini untuk mahasiswa CMU yang hampir semuanya punya latar belakang teknis. Dibawakan oleh seorang dosen jenaka yang jadi favorit mahasiswa CMU di dua benua, mata kuliah ini membuka mata mahasiswa tentang pentingnya kemampuan di aspek lain dalam bisnis. Kemampuan penting untuk setidaknya tahu bagaimana perusahaan mengelola uang. Mata kuliah ini juga termasuk mata kuliah dengan tugas paling sulit untuk mahasiswa MSIT karena harus memeriksa laporan keuangan, membuat financial budget dan menghitung berbagai parameter finansial.

Yang tak kalah menarik adalah mata kuliah Economic Analysis. Lagi2 terdengar janggal tapi juga menjadi mata kuliah yang wajib di kampus Pittsburgh.Sejatinya mata kuliah ini adalah mata kuliah microeconomics lengkap dengan semua grafik supply vs demand yang bisa dibayangkan. Tapi, dosennya sukses mengemas sedemikian rupa sehingga mata kuliah ini diharapkan membekali mahasiswanya dengan teori microeconomics dalam mengambil keputusan dalam dunia bisnis

Mata kuliah terakhir adalah Database Management, mmm yang gak perlu berpanjang-panjang adalah mata kuliah Database Management đŸ™‚

Empat bulan terasa sangat cepat, karena padatnya jadwal kuliah dan tugas yang diberikan. Itu juga salah satu alasan kenapa blog ini akhirnya terbengkalai. Tapi, pengalaman yang gue dapat rasanya sebanding dengan kerja keras yang harus gue lakukan. Great friends, great lecturers, great stories. Can’t wait for the next semester.

2 thoughts on “One Semester…Done !

  1. Like I said bro, orang IT need to think about finances and financial impacts and not just bloody code. That’ what separate great project managers from project managers from a technical background.

Leave a comment